MUSYAWARAH WILAYAH APKESMI SUMATERA BARAT 10 MARET 2021

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Arry Yuswandi, SKM, MKM dan Perwakilan adinkes sumatera barat dr. Melinda Wilma, MPPM membuka acara MUSYAWARAH WILAYAH APKESMI SUMATERA BARAT 10 MARET 2021 di Aula Dinkes Prov Sumbar .Didalam pembangunan kesehatan, Puskesmas memiliki peranan yang sangat signifikan mengingat beban pemenuhan Standar Minimal Pelayanan Bidang Kesehatan sebagian besar tertumpu dipundak Puskesmas. Oleh karena itu integritas Puskesmas sangatlah penting untuk menjamin keberhasilan program-program kesehatan yang telah dicanangkan. Seiring dengan diberlakukannnya otonomi daerah, kondisi Puskesmas disetiap daerah sangat variatif baik dari sisi sarana dan prasarana, sumber daya kesehatannya maupun ketersediaan anggarannya. Meskipun secara makro, program kesehatan masih tetap dalam kendali Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Untuk mewujudkan Puskesmas yang kokoh, tangguh dan bermutu, maka kami Kepala Puskesmas seluruh Indonesia bersepakat untuk membentuk sebuah organisasi sebagai wadah diskusi dan menyalurkan aspirasi Puskesmas dengan nama AKSELERASI PUSKESMAS INDONESIA. Musyawarah APKESMI Wilayah Sumatera Barat dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Maret 2021 di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas kesehatan Propinsi Sumatera Barat Bapak Arry Yuswandi, SKM, MKM.

Dalam sambutannya Bapak kepala Dinas menyampaikan harapan agar wadah ini dapat dioptimalkan untuk menyalurkan aspirasi Puskesmas se Sumatera Barat dalam rangka mewujudkan masyarakat Sumatera Barat menjadi masyarakat Sehat. APKESMI juga diharapakn menjadi sarana berbagi informasi antara sesama puskesmas terkait aturan dan kebijakan yang ada sehingga terjadi pemerataan pemahaman pada seluruh Puskesmas di Sumatera Barat. Beliau juga menyampaikan bahwa Beliau siap menerima selalu masukan dari APKESMI dalam rangka pencapaian program kesehatan terutama saat ini program vaksinasi bagi lansia. Kita harus terus bersama untuk mensukseskan program nasional tersebut, semoga kita bisa segera mengakhiri pandemi covid 19.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring. Peserta luring merupakan perwakilan kepala puskesmas se sumatera Barat, kepala dinkes propinsi, Perwakilan adinkes sumatera barat dr. Melinda Wilma, MPPM. Peserta daring dihadiri oleh Dewan pakar prof nila moeluk, ketua adinkes bapak m subuh, dewan penasehat apkesmi DR Umar wahid, ketua apkesmi DR Trisna, dan seluruh kepala Puskesmas se provinsi Kalimantan Timur dan provinsi sumatera Barat.

Dalam kesempatan yang sama care taker sumatera barat dr. Winanda, Mars berharap pada hari ini dapat terpilih ketua DPW APKESMI Sumatera Barat yang nantinya akan memilih kepengurusan untuk tiga tahun yang akan datang dan untuk selanjutnya akan dilantik oleh Gubernur Sumatera Barat pada tanggal 19 maret kedepan. Semoga APKESMI semakin berkibar untuk menguatkan puskesmas dan menyehatkan masyarakat.

Share Berita :