16 Agustus 2019 08:49:14 WIB

5 Cara Mudah Redakan Batuk Kering

Batuk kering merupakan salah satu masalah kesehatan umum yang dialami oleh banyak orang. Batuk kering merupakan salah satu jenis batuk yang tidak mengeluarkan lendir atau dahak. Batuk kering biasanya terjadi akibat udara sekitar yang kering, kebiasaan merokok, alergi, iritasi, asam lambung naik, atau bisa juga karena flu.

Malam hari, merupakan waktu-waktu yang menyengsarakan bagi penderita batuk kering, sebab batuk biasanya akan memburuk ketika malam hari. Batuk kering umumnya bukan kondisi yang terlalu serius, karena bisa hilang dalam kurun waktu tiga minggu. Meskit begitu, beberapa kasus juga menunjukkan bahwa batuk kering bisa berlangsung lama dan sangat sulit untuk bisa sembuh dari kondisi ini.

Memeriksakan diri ke dokter, merupakan satu hal yang harus Anda lakukan, jika batuk kering tak kunjung sembuh. Ini akan membantu Anda mendapatkan perawatan medis terbaik untuk mengusir batuk. Namun, untuk mempercepat penyembuhan, Anda juga bisa melakukan beberapa pengobatan alami berikut ini:

Berkumur dengan air garam

Siapkan satu gelas air hangat, dan campurkan sedikit garam ke dalamnya. Aduk garam hingga sepenuhnya larut dalam air. Setelahnya, berkumurlah dengan larutan air garam ini, dan rasakan perbedaannya. Lakukan pengobatan ini 2-3 kali dalam sehari untuk mengusir batuk lebih cepat.

Konsumsi madu

Madu, dipercaya menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi batuk kering. Ini karena madu dipercaya dapat melembapkan tenggorokan, sehingga bisa mengurangi batuk. Makanlah satu sendok makan madu di malam hari, untuk meredakan batuk kering yang kambuh dan mengganggu.

Minum teh jahe

Meminum teh jahe juga bisa membantu Anda terbebas dari batuk kering yang mengganggu. Tak hanya itu, teh jahe juga bisa membantu menenangkan tubuh Anda, sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman di malam hari. Minumlah teh jahe sebelum tidur, untuk mengurangi frekuensi batuk di malam hari. Selain teh jahe, teh hijau juga bisa membantu meredakan batuk kering. Minumlah sesuatu yang hangat untuk menenangkan tenggorokan Anda.

Tinggikan kepala saat tidur

Jangan tidur dalam permukaan yang rata dan datar jika Anda mengalami batuk kering. Gunakan lagi bantal tambahan untuk menjaga posisi kepala Anda berada lebih tinggi dari tubuh Anda. Posisi tidur seperti ini berguna untuk mencegah asam lambung naik kembali ke kerongkongan, sehingga dapat menyebabkan batuk.

Oleskan balsem

Mengoleskan balsem di sekitar hidung Anda, dapat membantu membersihkan saluran hidung. Ini dapat berguna untuk menghentikan batuk dalam sementara waktu.

Article By Claudia Ramadhani

Sumber : www.1health.id

Share Berita :