02 Januari 2019 15:44:57 WIB

4 Kebiasaan Buruk Saat Stres yang Malah Bikin Kondisi Makin Buruk

Apakah Anda pernah merasa stres? Jika Anda menjawab iya, tentu Anda tidak sendiri. Setiap orang memiliki alasan untuk merasa stres. Entah karena urusan pekerjaan, keluarga, atau keuangan. Karena itu, berhentilah melakukan berbagai kebiasaan buruk saat stres yang akan memperburuk keadaan Anda dan fokuslah pada hal-hal yang bisa Anda perbaiki. Memang secara teori terdengar mudah, sedangkan pada praktiknya tentu sulit. 

Akan tetapi, kalau terus dibiasakan, Anda akan bisa mengelola stres lebih baik lagi. Jadi pertama-tama, kenali dulu apa saja kebiasaan buruk saat stres yang perlu Anda tinggalkan secepat mungkin.

Apa saja kebiasaan buruk saat stres yang tidak boleh Anda lakukan?

1. Hanya bisa merenung

Merenung adalah kebiasaan buruk saat stres yang mungkin sering Anda lakukan. Hal yang wajar jika Anda memikirkan masalah yang Anda hadapi saat ini. Merenung memang seharusnya bertujuan untuk memahami situasi yang sedang Anda hadapi lebih dalam lagi.

Namun, terkadang Anda justru terjebak dalam pikiran yang sebenarnya negatif dan justru tidak produktif. Anda terus merenungkan masalah yang terjadi dan terus berpikiran negatif, ketika Anda terjebak dalam situasi seperti ini, Anda hanya bisa berfokus pada apa yang salah dibandingkan dengan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalah ini. Jadi ingat, merenung  itu boleh, tapi tentukan batasannya. Tidak perlu merenung sampai berlarut-larut.

2. Kurang tidur

Memikirkan masalah terkadang membuat Anda jadi sulit tidur. Padahal, kurang tidur justru hanya memperburuk kondisi Anda baik secara fisik maupun psikis. Anda hanya terus menerus merasa tertekan sepanjang malam. Kebiasaan buruk saat stres ini membuat fungsi kognitif Anda menurun tajam dan membuat Anda tidak bisa berpikir dengan jernih bagaimana cara menyelesaikan masalah.

Stres memang bisa memengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Karenanya, cobalah untuk tidak menonton televisi atau menggunakan gawai (gadget seperti laptop, ponsel, dan tablet) sebelum jam tidur, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, dan gelapkan pencahayaan kamar tidur Anda. Hal-hal tersebut bisa membantu Anda tidur nyenyak.

3. Jangan diam saja, ceritakan pada orang terdekat

Tahukah Anda bahwa curhat bisa menjadi ‘obat’ penghilang stres? Ketika Anda mengalami masa-masa stres, dukungan emosional, yaitu bantuan secara psikis dari orang-orang yang menyayangi Anda bisa menjadi penolong dalam menghadapi macam-macam tantangan.

Saat Anda sedang dalam kondisi ini, Anda bisa melihat sebuah hubungan, entah itu persahabatan maupun keluarga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hubungan baik ini membantu Anda untuk menghadapi respon fight or flight (melawan atau melarikan diri).

Fight or flight yaitu reaksi fisiologis maupun psikologis yang muncul apabila seseorang menghadapi bahaya yang mengancam dirinya. Stres dapat terjadi apabila seseorang tidak dapat mengatasi masalah karena tekanan yang dialami dan tidak dapat mengambil tindakan fight or flight. Respon ini akan mendorong Anda terhubung dengan orang lain dan berbagi dukungan.

Sebaliknya, hubungan yang bertentangan dengan Anda hanya membawa dampak buruk terhadap kesehatan Anda karena memicu konflik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuang hubungan yang tidak perlu untuk menjaga kehidupan Anda tetap sehat.

4. Luangkan jadwal kalau sudah terlalu padat

Jika Anda berpikir menyibukkan diri dengan jadwal yang Anda buat bisa menghilangkan stres Anda, Anda keliru. Membuat jadwal yang terlampau sibuk adalah salah satu kebiasaan buruk saat stres yang penting untuk Anda hindari.

Bila Anda terlalu sibuk, meskipun jadwal dipenuhi dengan hal-hal menarik, tetap saja Anda bisa merasa stres karena kurangnya waktu istirahat. Jadwal yang penuh dengan kegiatan yang cenderung menekan Anda, bisa semakin menguras tenaga.

Jika ada seseorang yang meminta waktu Anda di saat yang tidak tepat, cobalah belajar untuk mengatakan tidak. Cek jadwal Anda dan hapus kegiatan yang sebenarnya Anda tidak butuhkan. Anda bisa gunakan waktu ini untuk beristirahat dan berpikir jernih.

Share Berita :