TANYA JAWAB MENKES RI , BAPAK GUBERNUR PROV SUMBAR PADA ACARA RAKERKESDA TAHUN 2017

Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 tanggal 16 s/d 18 April 2017 di Grand Inna Muara Hotel Padang di hadiri oleh Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, SPsi, Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. drNila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) d.  Program mendukung paradigma sehat adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai penguatan upaya promotif-preventif masyarakat. 

 

Kegiatan GERMAS difokuskan pada : 1) melakukan aktivitas fisik, 2) mengonsumsi sayur dan buah, 3) memeriksa kesehatan secara rutin. GERMAS harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor baik pemerintah pusat maupun daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat.

 

         Untuk mewujudkan keberhasilan implementasi GERMAS dan Pendekatan Keluarga diperlukan peran dan dukungan daerah dengan memprioritaskan pelaksanaan Urusan Pemerintahan Wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar agar pelayanan dasar ini  dapat diperoleh setiap warga negara  sesuai ketentuan jenis dan mutu Pelayanan Dasar(Standar Pelayanan Minimal) sesuai amanatUndang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Share Berita :