PUSKESMAS PADANG KARAMBIA SATU-SATUNYA DI SUMATERA YANG TERAKREDITASI

  • 01 Jan 1970 07:01:00
    Lokasi Kegiatan : Puskesmas Padang
    Tanggal Mulai Kegiatan : 10 May 2016
    Tanggal Akhir Kegiatan : 12 May 2016

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Puskesmas Padang Karambia, Payakumbuh Selatan, merupakan  satu-satunya di Pulau Sumatera yang  sudah terakreditasi.

    Puskesmas itu mewakili Kota Payakumbuh dalam Penilaian Inovasi Unit Kerja Pelayanan Publik tingkat Sumbar 2016. Direktur Pus­kesmas Pa­dang Karambia, Liza Ha­nafiah Senin, (9/5) menga­takan, pelayanan pub­lik merupakan sunnah Rasu­lullah yang artinya  mem­berikan kemudahan bagi orang lain. Pelayanan prima, wujud dari mem­berikan ak­ses komunikasi dan fasilitasi kepada masya­rakat.

    “Memberikan pela­ya­nan, berarti sudah menga­malkan sunah Rasulul­lah,” katanya kepada Haluan Pus­kesmas Padang Karambia, Payakumbuh Selatan.

    Puskesmas Padang Ka­rambia, sejauh ini sudah memiliki berbagai fasilitas, di antaranya, terdapat IGD, ruangan BP, KIA, pera­wa­tan  gigi, KB,  dan sudah punya  IPAL, serta dileng­kapi dengan delapan sepeda motor dan mobil ambulan.

    “Cakupan pelayanan su­dah memenuhi standar kesehatan secara nasional. Makanya, sejak setahun terakhir Puskesmas Padang Karambia sudah menjadi rujukan bagi daerah ber­bagai provinsi di Sumatera untuk belajar,”ungkapnya.

    Ditegaskannya, Pus­kes­mas Padang Karambia sela­lu melakukan inovasi untuk selalu berbuat menye­nang­kan bagi masyarakat yang datang ke Puskesmas. Salah satunya dengan layanan pengaduan lewat short mes­sages services (SMS) centre dan kotak saran.

    “Ini bagian dari komit­men seluruh jajaran puskes­mas dalam perbaikan pela­yanan. Komitmen internal dan eksternal dengan meng­gandeng tokoh masyarakat, menjadi kekuatan seluruh tenaga medis, non medis untuk pela­yanan,” im­buh­nya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Ka­din­kes) Payakumbuh Elza­das­warman menyebutkan, Pus­kesmas Padang Karambia salah satu dari sembilan Puskesmas yang menonjol di Kota Payakumbuh. “Pus­kesmas ini, sejak beberapa tahun terakhir sudah banyak melakukan berbagai inovasi pelayanan publik,” tu­turnya.

Berita Terkait

Tidak Ada Berita Terkait