<<<               Selamat Datang Di Website......!!!              .::.               Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat               .::.               www.dinkes.sumbarprov.go.id               .::.               Visi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (2011-2015)               .::.               "Terwujudnya Masyarakat Sumbar Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas, Dan Berkeadilan"               .::.                Selamat Datang Di Website......!!!              .::.               Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat               .::.               www.dinkes.sumbarprov.go.id               .::.               Visi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (2011-2015)               .::.               "Terwujudnya Masyarakat Sumbar Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas, Dan Berkeadilan"               .::.               >>>
Rabu, 05 Juni 2013 - 08:20:48 WIB
Kena Kanker Usus Atau Tidak? Cek di Sini
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 1850 kali

 

Bandung, Kanker bisa menyerang berbagai organ tubuh, salah satunya usus. Kanker usus tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan kematian. Lalu apa saja ciri-ciri kanker usus? Berikut ini ciri-ciri kanker usus seperti dipaparkan dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dalam media gathering yang digelar Persatuan Dokter Ahli Kanker Indonesia di Bandung, Jawa Barat, dan ditulis pada Senin (3/6/2013).

 

1. Berat badan turun.

 

2. Ada perubahan pola buang air besar, sehingga jadi susah buang air besar atau sering diare berkepanjangan sampai dua minggu.

 

"Itu biasanya suka susah sembuh. Jadi kita mesti tahu, kalau semakin dini ditemukan, itu semakin mudah diobati," terang dr Ari. Dia menambahkan jika di keluarga terdapat riwayat kanker usus besar maka anaknya atau keluarganya perlu melakukan screening. "Ini untuk mengetahui apakah dia beresiko kanker usus besar," lanjut dr Ari.

 

3. Ada radang kronis di usus

 

"Misalkan ada radang kronis, atau sudah polip-polip. Nah, itu sebenarnya sudah tanda-tanda," ujar dr Ari seraya berpesan agar tidak menganggap remeh kelainan sekecil apapun yang terjadi di dalam tubuh. dr Ari memaparkan kanker usus kerap menyebabkan kematian lantaran pasien datang ke dokter dalam kondisi yang sudah parah, sehingga terlambat ditangani. Biasanya pasien datang saat kanker ususnya sudah memasuki stadium tiga atau empat, di mana sel kanker sudah menyebar.

 

"Memang yang penting itu harus melakukan screening, apakah berisiko atau tidak. Kalau dicurigai berisiko, ya perlu bisa dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif," lanjutnya. Menurutnya, jika tumor sudah besar dan tidak diatasi dalam tiga bulan maka akan semakin menyebar. Namun jika bentuknya masih polip maka jika diatasi dengan tepat, kasus akan segera selesai.

 

"Jadi kita sudah memutus mata rantai, dari perjalanan menuju kanker," kata dr Ari, (sumber : health.detik.com).